Saturday, January 9, 2010

Aliran Nativisme, Emperisme dan Konvergensi

a. Aliran nativisme berpendapat bahwa perkembangan itu murni faktor keturunan atau takdir sedangkan lingkungan sedikt pengaruhnya terhadap perkembangan. Contoh “bayi manusia yang hidup dihutan walau dia dirawat oleh srigala nantinya dia akan berkembang layaknya manusia seperti berjalan dengan dua kaki”

b. Aliran emperisme berpendapat bahwa perkembangan itu yang paling dominan adalah faktor lingkungan sedangkan faktor keturunan tidak begitu berperan, aliran ini memisalkan manusia sebagai kertas putih yang nantinya dapat kita isikan dengan berbagai gambar apabila kertas itu dicoret-coret tidak jelas maka hasilnyapun tidak jelas.begitu juga seorang anak mau dibentuk seperti apa itu semua tegantung dari keinginan orang tua dan kemauan anak sendiri.

c. Aliran konvergensi berpendapat bahwa perkembangan dipegaruhi oleh lingkungan dan faktor keturunan aliran ini merupakan gabungan dua aliran diatas tokohnya adalah wiliam stern yang diperkuat oleh Anne Anastasia. Seperti contohnya “anak yang terlahir pintar harus diberikan sarana dan prasarana pendukungnya agar dapat mengoptimalkan pengetahuannya.

Menurut saya dari ketiga aliran tersebut yang paling cocok bagi seorang pendidik adalah aliran konvergensi karena keturunan dan lingkungan akan sangat mempengaruhi kualitas dari pendidik itu sendiri. Contohnya pendidik yang terlahir dari keluarga yang pintar dan sangat mengikuti perkembangan teknologi dan komunikasi cenderung akan menghasilkan pendidik yang berkualitas.

No comments:

Post a Comment