Saturday, January 9, 2010

GENERASI HANDPHONE

Teknologi Generasi Pertama (1G)
Generasi 1G merupakan teknologi handphone pertama yang menggunakan sistem analog., dan menggunakan teknik komunikasi yang disebut Frequency Division Multiple Access (FDMA). Prinsipnya seperti pada stasiun radio dimana satu stasiun radio hanya menggunakan satu frekuensi untuk siarannya.
Teknologi Generasi Kedua (2G)
Generasi 2G sudah menggunakan teknologi digital dan menggunakan mekanisme Time Division Multiple Access (TDMA) dan Code Division Multiple Access ( CDMA) dalam teknik komunikasinya. Yang termasuk dalam teknologi 2G misalnya : GSM di eropa dan asia, PDC di Jepang, High Speed Circuit Switched Data (HSCSD), dsb. Pada HSCSD kecepatan transfer data dapat mencapai 57,6 Kbps.
Teknologi Generasi dua setengah (2.5G)
Disebut sebagai teknologi 2.5G karena merupakan peningkatan dari teknologi 2G terutama dalam platform dasar GSM telah mengalami penyempurnaan, khususnya untuk aplikasi data dan adanya General Packet Radio Service (GPRS). Kecepatan transfer data GPRS dapat mencapai hingga 160 kbps.
Teknologi Generasi ketiga (3G)
Generasi ini lebih dikenal dengan sebutan WCDMA (Wideband - Coded Division Multiple Access). Generasi 3G memiliki kecepatan transfer data cepat (144kbps-2Mbps) sehingga dapat melayani layanan data broadband seperti internet, video on demand, music on demand, games on demand, musik, video, atau game semudah memilih channel di TV. Kecepatan setinggi itu juga mampu melayani video conference dan video streaming lainnya. Kelebihannya :Kualitas suara yang lebih bagus, keamanan yang terjamin, Kecepatan data mencapai 2 Mbps untuk local / Indoor / slow-moving access dan 384kbps untuk wide area access.
Teknologi Generasi ketiga setengah (3.5G)
Teknologi 3,5 G dikenal sebagai teknologi HSPA ( High Speed Packet Access) yang merupakan pengembangan dari 3G dan memiliki kecepatan transfer data yang mencapai 5,6Mbps.
Teknologi Generasi Keempat (4G)
Belum dapat didefinisikan dengan jelas tapi ada beberapa pihak yang mempromosikan jaringan WiMax sebagai 4G padahal bukan merupakan teknologi 4G sebenarnya, karena lebih merupakan varian baru dari teknologi tanpa kabel (wireless) seperti halnya dengan FireWire dan Bluetooth. Memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi bisa mencapai 20 MBps (Megabytes per detik) di lapangan, 10 kali lipat daripada 3G yang maksimal 2 Mbps (pada prakteknya di lapangan sebenarnya baru mencapai 384 Kbps pada kondisi bergerak).

No comments:

Post a Comment